script> var message="Hayo...! Mau copas ya? Boleh, tapi cantumkan sumber!"; /////////////////////////////////// function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")

Sabtu, 07 Juni 2014

rpp inklusi kelas 5 ipa tentang sifat sifat cahaya


RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SDN Kemayoran II/25  Inklusif Surabaya
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : V/ Genap
Alokasi Waktu            : 2 JP x 35 Menit (1 Pertemuan)

A.  STANDAR KOMPETENSI

6.      Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

B . KOMPETENSI DASAR           

`     6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
Kemampuan Awal     :
1.            Siswa mampu membedakan suasana gelap dan terang
2.            Siswa mampu menyebutkan benda – benda sederhana di kelas
3.            Siswa  mampu  menulis kalimat yang ditulis di papan  tulis dengan benar
4.            Siswa  belum mampu membaca kalimat dengan benar
C. Indikator :
Umum
`           1. Menjelaskan sifat cahaya merambat lurus
2. Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus
            Khusus
1. Mengetahui  sifat cahaya merambat lurus
2. Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus dengan bimbingan  guru


C. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
Umum
1. Siswa dapat menjelaskan sifat cahaya merambat lurus
2. Siswa dapat mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus
            Khusus
1. Siswa dapat mengetahui  sifat cahaya merambat lurus
2. Siswa dapat mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus
   dengan bimbingan  guru.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin(Discipline ),Rasa hormat,  perhatian (respect ) Tekun ( diligence )
Tanggung jawab (responsibility) dan Disiplin ( Discipline ).
D.Materi Ajar
Umum :
Materi pokok         : Sifat – Sifat Cahaya dan Pemanfaatanya
Sub-sub materi      :
-          Sifat Cahaya Merambat Lurus
Khusus :
Materi pokok         : Sifat – Sifat Cahaya dan Pemanfaatanya
Sub-sub materi      :
-          Sifat Cahaya Merambat Lurus





E.Metode Pembelajaran
Umum :
1.      deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2.      ekspositori (menerangkan)
3.      tanya jawab
4.      Diskusi
5.      Presentasi
6.      Penugasan
7.      Demonstrasi
Khusus :
1.      deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2.      ekspositori (menerangkan)
3.      tanya jawab
4.      Diskusi
5.      Penugasan

F.Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal/Pendahuluan (10 menit)
                    Apersepsi  dan Motivasi :
1.      Mengucapkan salam, memeriksa kehadiran siswa
2.      Menumbuhkan kesiapan belajar siswa dengan membantu siswa dalam mempersiapkan  fasilitas dan sumber belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar dengan menyanyi lagu “Tepuk Tangan”
3.      Memberi acuan dengan memberitahukan tujuan pembelajaran, materi yang akan dipelajari, menyampaikan tujuan  kegiatan pembelajaran yang akan ditempuh siswa”Sifat Cahaya Merambat Lurus “.
4.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai Materi   pembelajaran tentang” Sifat Cahaya Merambat Lurus



§  Kegiatan Inti (50menit)
·         Eksplorasi
Umum :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1.       Guru menyiapkan perangkat demonstrasi
2.      Guru menjelaskan materi tentang cahaya dapat merambat lurus  
3.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
4.      Memfasilitasi peserta didik melakukan demonstrasi.
Khusus :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1.       Guru menyiapkan perangkat demonstrasi.
2.      Guru menjelaskan materi tentang cahaya dapat merambat lurus.
3.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran   dengan bimbingan guru.
4.      Memfasilitasi peserta didik melakukan demonstrasi dengan
5.      bimbingan  guru.
·         Elaborasi
Umum :
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1.      memfasilitasi peserta didik melalui diskusi kelompok, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
2.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
3.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara kelompok.
4.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja secara kelompok.




Khusus :
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      memfasilitasi peserta didik melalui diskusi kelompok, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan dengan bimbingan guru.
2.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut dengan bimbingan guru,
3.      memfasilitasi peserta didik mengerjakan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis dengan bimbingan guru.
4.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja dengan bimbingan guru.
·         Konfirmasi
Umum :
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Khusus:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Kegiatan Penutup (10 menit)
            Dalam kegiatan penutup, guru :
1.      Guru memberi penguatan dan menyimpulkan hasil pembelajaran tentang :
“Sifat Cahaya Merambat Lurus”
2.      Guru mengevaluasi hasil pembelajaran.
3.      Pemberian Reward atau hadiah
4.      Guru menutup pembelajaran dengan salam


G.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
* Alat /bahan Peraga:
1. Lilin 1 buah
2. Karton 3 lembar
3. Senter
4. Paku
5. Gambar matahari dan bintang
6. Korek Api
* Sumber Belajar :
1.      Choiril Azmiyawati. dkk. 2008. Salingtemas IPA 5 : kelas 5 SD dan MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Rositawaty. dkk. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 : kelas 5 SD dan MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3.      Lembar kerja Siswa Pro Basic : Surabaya: Media Pustaka
4.       Lembar kerja Siswa Forum : Surabaya: Media Pustaka
Februari 2014
Februari 2014












H. Penilaian
Umum            :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.Menjelaskan sifat cahaya merambat lurus
2.Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus
:          

Tugas Individu
dan Kelompok



Tes uraian





1.      Apakah cahaya lilin terlihat  dari lubang A?                                  
2.      Geserlah karton A atau karton B ke kanan dan ke kiri. Apakah cahaya lilin masih terlihat ketika posisi karton dipindahkan ?
3.      Bagaimanakah letak lubang  ketiga karton agar cahaya lilin terlihat ?
4.      Apakah kesimpulanmu dari  kegiatan itu?







Khusus :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.Mengetahui  sifat cahaya merambat lurus
2.Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus dengan bantuan guru

:          

Tugas Individu
dan Kelompok



Tes uraian





1.      Apakah cahaya lilin terlihat dalam satu garis ?                                    
2.      Apakah cahaya lilin terlihat  jika tidak dalam satu garis lurus ?
3.       Bagaimanakah letak lubang                    ketiga karton agar cahaya lilin terlihat
4.      Apakah kesimpulanmu dari  kegiatan itu?













I.Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1
Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.














CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
·         Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
KepalaSDN Kemayoran II/25 Surabaya
Menyetujui
Supervisor 1,
Menyetujui
Supervisor 2,
Surabaya,14-03-2014 
Mahasiswa


Sugiati, S.Pd,M.Pd
NIP.1965060719888032 010


AhmadHanip,S.Pd,M.Pd
NIP  : -


PurnamaIndri S,S.Pd,Sd
NIP 1976111 199912 1001


Tarsinah
 820629864



.











Oval Callout: Indikator
1.Menjelaskan sifat cahaya merambat lurus
2.Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus



MATERI- UMUM








Folded Corner: Standar Kompetensi : 6.Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

Kompetensi Dasar : 6.1 Mendseskripsikan sifat-sifat cahaya



MATERI SIFAT CAHAYA
Cahaya adalah gelombang elektromagnetik dan dapat merambat pada ruang hampa udara. Cepat rambat cahaya di ruang hampa udara sebesar 3 x 108 m/s. Benda yang dapat memancarkan cahaya dinamakan sumber cahaya. Ada dua macam sumber cahaya, yaitu
1. sumber cahaya alami dan sumber cahaya buatan. Sumber cahaya alami merupakan sumber cahaya yang menghasilkan cahaya secara alamiah dan setiap saat, contohnya matahari dan bintang.
2.Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat oleh manusia, dan tidak tersedia setiap saat, contohnya lampu senter, lampu neon, dan lilin.
cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya cahaya merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan. .
Pada pagi hari, apakah matahari sudah menyinari rumahmu? Amati cahaya matahari tersebut. Bagaimanakah arah rambatan cahaya yang masuk melalui celah-celah jendela rumahmu? Bukti cahaya merambat lurus tampak pada berkas cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam ruangan yang gelap. Sifat cahaya yang merambat lurus ini dimanfaatkan manusia pada lampu senter dan lampu kendaraan bermotor.

Oval Callout: Indikator
1.Mengetahui  sifat cahaya merambat lurus
2.Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus dengan bimbingan  guru



MATERI- KHUSUS







Folded Corner: Standar Kompetensi : 6.Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

Kompetensi Dasar : 6.1 Mendseskripsikan sifat-sifat cahaya



MATERI SIFAT CAHAYA

Cahaya adalah gelombang elektromagnetik dan dapat merambat pada ruang hampa udara. Benda yang dapat memancarkan cahaya dinamakan sumber cahaya. Ada dua macam sumber cahaya, yaitu
1.sumber cahaya alami dan sumber cahaya buatan. Sumber cahaya alami merupakan sumber cahaya yang menghasilkan cahaya secara alamiah dan setiap saat, contohnya matahari dan bintang.
2.Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat oleh manusia, dan tidak tersedia setiap saat, contohnya lampu senter, lampu neon, dan lilin.
. .
Pada pagi hari, apakah matahari sudah menyinari rumahmu? Amati cahaya matahari tersebut. Bagaimanakah arah rambatan cahaya yang masuk melalui celah-celah jendela rumahmu? Bukti cahaya merambat lurus tampak pada berkas cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam ruangan yang gelap. Sifat cahaya yang merambat lurus ini dimanfaatkan manusia pada lampu senter dan lampu kendaraan bermotor.

Lembar Kerja Siswa (LKS)”UMUM”
 Siklus 1
Mata pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Materi pokok             : Sifat Cahaya
Kelas/semester           : V/ II (Genap)
Tujuan
1.Siswa dapat menjelaskan sifat cahaya merambat lurus
2.Siswa dapat Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus
Alat dan bahan
·         Lilin 1 buah
·         Karton 3 lembar
·         Paku
                    A          B                  C








Langkah Kerja
1. Tandai ketiga karton tersebut dengan huruf A, B, dan C.
2. Lubangi ketiga karton setinggi lilin dengan paku kecil.
3. Letakkan ketiga karton secara berurutan, dengan penyangga, mulai dari karton A, B, dan C, sehingga setiap lubang terletak pada satu garis lurus. Untuk memudahkan, gunakan benang yang dimasukkan pada setiap lubang karton. Amatilah gambar di atas.
4. Nyalakan lilin dan letakkan di depan karton C.
5. Amati olehmu cahaya lilin dari balik karton A. Diskusikanlah dengan teman kalian untuk menjawab pertanyaan berikut!
6. Presentasikan hasilnya didepan kelas.
Nama :
Kelas   :
Table 1. Soal
SOAL
JAWABAN
Oval: 1
Rounded Rectangle: Apakah cahaya lilin terlihat                                     dari lubang A?












Oval: 4Oval: 3Rounded Rectangle: Apakah kesimpulanmu dari                             kegiatan itu?
Rounded Rectangle: Bagaimanakah letak lubang                    ketiga karton agar cahaya lilin terlihat?



…………………………….






…………………………….




…………………………….




…………………………….





”KHUSUS”
Lembar Kerja Siswa (LKS)Siklus 1
Mata pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Materi pokok             : Sifat Cahaya
Kelas/semester           : V/ II (Genap)
Tujuan Umum :
1.Siswa dapat Mengetahui  sifat cahaya merambat lurus
2.Siswa dapat Mendemonstrasikan sifat cahaya merambat lurus
 dengan bimbingan  guru
Alat dan bahan
·         Lilin 1 buah
·         Karton 3 lembar
·         Paku
                    A          B                  C








Langkah Kerja
1. Tandai ketiga karton tersebut dengan huruf A, B, dan C.
2. Lubangi ketiga karton setinggi lilin dengan paku kecil.
3. Letakkan ketiga karton secara berurutan, dengan penyangga, mulai dari karton A, B, dan C, sehingga setiap lubang terletak pada satu garis lurus. Untuk memudahkan, gunakan benang yang dimasukkan pada setiap lubang karton. Amatilah gambar di atas.
4. Nyalakan lilin dan letakkan di depan karton C.
5. Amati olehmu cahaya lilin dari balik karton A. Diskusikanlah dengan teman kalian untuk menjawab pertanyaan berikut!.
khusus
Nama  :
Kelas   :

Table 1. Soal
SOAL
JAWABAN
Oval: 1
Rounded Rectangle:  Apakah cahaya lilin terlihat                                     dalam satu garis ?
-












Oval: 4Oval: 3Rounded Rectangle: Apakah kesimpulanmu dari                             kegiatan itu?
Rounded Rectangle: Bagaimanakah letak lubang                    ketiga karton agar cahaya lilin terlihat?



…………………………….





…………………………….






…………………………….




…………………………….




Table 2. Rubrik  Jawaban”Umum”
soal
jawaban
Oval: 1
Rounded Rectangle: Apakah cahaya lilin terlihat                                     dari lubang A?












Rounded Rectangle: Bagaimanakah letak lubang                    ketiga karton agar cahaya lilin terlihat?
Oval: 4Oval: 3Rounded Rectangle: Apakah kesimpulanmu dari                             kegiatan itu?



Terlihat






Tidak terlihat




Letak lubang harus lurus





Cahaya merambat lurus







”Khusus”
Table 2. Rubrik  Jawaban
soal
jawaban
Rounded Rectangle: Apakah cahaya lilin terlihat                                     dalam satu garis ?
-
Oval: 1












Oval: 4Oval: 3Rounded Rectangle: Apakah kesimpulanmu dari                             kegiatan itu?
Rounded Rectangle: Bagaimanakah letak lubang                    ketiga karton agar cahaya lilin terlihat?



Terlihat






Tidak terlihat






Letak lubang harus lurus



Cahaya merambat lurus





1 komentar:

  1. Planet Win 365 Casino Bonus Codes - Updated December 2021
    Planet Win 365 Casino no deposit bonus codes. The current クイーンカジノ No deposit casino bonuses. planet win 365 Claim these Planet win 365 casino no 온카지노 deposit bonus codes.

    BalasHapus