script> var message="Hayo...! Mau copas ya? Boleh, tapi cantumkan sumber!"; /////////////////////////////////// function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")

Sabtu, 07 Juni 2014

rpp kurikulum2013temadirikusubtema2pb2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SEKOLAH DASAR kemayoran 2 surabaya
Kelas / semester         :  1 / 1
Tema / topik               :  Diri Sendiri/Tubuhku
Petemuan ke              :  1 ( hari pertama)
Semester                     :  1   (Satu)
Alokasi waktu            :  1 x Pertemuan(5x35Menit)
KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi  
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dilingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari
di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib dirumah dan sekolah belajar
Indikator
•*Mengidentifikasi tata tertib dalam belajar
* Menunjukkan sikap tertib selama pelajaran
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi, berat, atau urutan jumlah
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah,sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
• Menyebutkan  bilangan dan lambang bilangan
*Menghitung banyak benda 1-5
• Menuliskan lambang bilangan 1-5
SBDP
1.1. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikandiri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu




Indikator
*Mengidentifikasi lagu sebagaisalah satu karya seni
• Menyanyikan lagu dengan irama
yang tepat
• Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
C.Tujuan pembelajaran
1. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan
irama lagu yang tepat.
2. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4. Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan
jumlah anggota tubuh dengan tepat.
5. Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagianbagian tubuh dengan tepat.
6. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.

D.Materi  Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Buku Siswa SD/MI Kelas I Hal 34-37

Mengenal Anggota Tubuh
Tubuh kita memiliki bagian-bagian.
Contohnya adalah kepala, tangan, dan kaki.
Nyanyikan lagu di bawah ini.



Dua Mata Saya
Ciptaan Pak Kasur
Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
Dua tangan saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan




                                                                                                                                    Halaman 34

o AmatiH
Bagian-Bagian Tubuh Kita
Anggota tubuh



Anggota tubuh adalah pemberian Tuhan.
Aku bersyukur kepada Tuhan.






Halaman 35






Ayo Berlatih
Berapa banyak bagian tubuh ini










Halaman 36










Ayo LakukanAAyo LakukanAyo LakukanAyo LakukanAyo LakukanAyo LakukanAyo LakukanAyo LakukanAyo Lakukan
Mari, kita bermain “Guru Berkata”.
Ikuti aba-aba gurumu.
Peganglah anggota tubuh yang diminta.
Berhati-hatilah.
Agar kamu tidak keliru.

Apakah kamu senang bermain “Guru Berkata”?
Apakah kamu dapat menyebut anggota tubuh?
Apakah kamu dapat memperhatikan dengan baik?
Saat bermain, kita harus tertib.
Kita harus ikut aturan bermain
Agar permainan jadi menyenangkan.
Hati kita pun jadi gembira.




Halaman 37

 

E.Metode Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran
1.Pendekatan :Scientific(mengamati,menanya,mengumpulkan,mengasosiasikan/menalar dan
Mengkomunikasikan)
2.Metode         : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
F.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.Media :Syair lagu ‘Dua Mata Saya”
            -Gambar anggota tubuh manusia yanglengkap
            -Boneka
2.Sumber Belajar
NN,2013.Buku guru Untuk SD/MI Kelas I Tema I Diriku ,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013:Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
NN,2013.Buku gSiswa Untuk SD/MI Kelas I Tema I Diriku ,Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013:Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan


G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
             Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

                        Pendahuluan
1.     Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka dan absensi
2.     Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3.     Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.     Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.”Tepuk Badut”
5.     Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami’tentang bagain – bagian tubuh dengan waktu 5x35menit
6.     Guru mengaitkan materi pembelajaran  dengan pengalaman siswa mengenal bagian – bagian tubuh  dengan media boneka


10 menit
I                                           Inti
.
1.Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa
menyanyikan lagu “Dua Mata Saya tetapi guru sebelumnya memberi contoh  menyanyikan lagu Dua Mata Saya”
hal 34 buku siswa.(mengamati)
2. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai
tepukan sesuai irama.
3. Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut,
guru meminta siswa secara individu/berkelompok
untuk menyanyikan lagu tersebut.
4. Siswa mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi
di bawah bimbingan guru.(menanya)
5. Lalu guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh
dan meminta siswa mengamati gambar tersebut dan kita harus bersyukur kepada tuhan (mengumpulkan informasi)hal 35 buku siswa
6. Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan
dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk
bagian-bagian tubuh pada gambar.(menanya)
7. Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya
bagian-bagian tubuh seperti yang ada di buku siswa.(mengkomunikasikan)(hal 36buku siswa)
9.Setelah mengerjakan lembar latihan, guru menjelaskan
bahwa dalam permainan ini siswa akan memegang
bagian tubuh sesuai instruksi guru.(mengkomunikasikan)
10. Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran.hal 37 buku siswa)
11. Guru akan mengucapkan kata “Ibu/Bapak berkata...
pegang hidung! (maka siswa diminta memegang hidungnya).(menalar)
12. Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian
tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru.
Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi
guru memegang kepala.(discovery)
13. Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh
secara bergantian sesuai aba-aba guru.(mengkomunikasikan)
14. Selesai kegiatan siswa diminta maju ke depan dan
menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan
permainan.(mengkomunikasikan)
145 menit




                            Penutup
1.Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari tentang  bagian- bagian tubuh
15    menit


2.Guru mengevaluasi hasil pembelajaran dengan tes tulis
3..Pemberian reward atau hadiah“bagi siswa yang bersemangat diberi hadiah
Kepala Pundak
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, pipi
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, pipi
Tangan dipinggang digoyang – goyang
Kepala Pundak”.(mengkomunikasikan)



4.Memberi tugas pr dirumah menggambar bagian – bagian dari tubuh
5.Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk engakhiri kegiatan pembelajaran)
6..Guru menutup pembelajaran dengan salam





















H.Penilaian

!.Penilaian Sikap
Lembar pengamatan terhadap siswa di kelas/sekolah
Minggu ke-……. Bulan …………2014                                                          Subtema Diriku
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri                   Disiplin                              Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Robert












2.
Ani












3.
Arya












Keterangan :
BT : Belum Terlihat
T   : Terlihat
M : Menonjol
Berilah dengan centang (ü) pada kolom yang sesuai

2.Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian : tes tertulis
Isilah dengan jawaban yang benar !
 1.Jumlah hidung ada  .....
2.Jumlah telinga ada   ....
3. jumlah mulut ....
4. Jumlah kaki ......
Kunci Jawaban
1.1(satu)
2.2(dua)
3.1(satu)

Skor                = Skor  Perolehan X 100
                            Skor Maksimal





           



           
3.Penilaian Ketrampilan
a.Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Mengenal Anggota Tubuh dengan BErnyanyi

No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Penguasaan lagu
Siswa hafal seluruh syair lagu,irama tepat
Memenuhi dua dari tiga aspek
Memenuhi satu dari tiga aspek
Belum mampu memenuhi semua aspek
2.
Ketepatan mengisi banyak anggota tubuh pada kolom “Ayo  Berlatih
Semua tepat
Tepat 5-6
Tepat 3-4
Tepat 1-2


     b.Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan
     Penilaian Observasi (Pengamatan)

No
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah melakukan kegiatan
permainan



   
  ............., .............2014
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas I

Sugiati,S.Pd,M.Pd                                                                  Tarsinah,s.s
            NIP.                                                                                        NIP.












Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Remedial:
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan:
Memberikan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.























































Ayo Berlatih
Soal Tulis

Isilah dengan jawaban yang benar !
 1.Jumlah hidung ada     .....
2.Jumlah telinga ada              ....
3. jumlah mulut              ....
4. Jumlah kaki        ......
5.Jumlah tangan  ada              ....  

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa Map & Reviews - Mapyro
    Borgata Hotel 김천 출장안마 Casino & Spa 전라남도 출장마사지 in Atlantic 순천 출장안마 City offers 2100 guestrooms and suites, over 1,300 casino 경상남도 출장안마 games and 경산 출장안마 an array of dining options for a relaxing

    BalasHapus